Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

IPusnas: Aplikasi Peminjaman Buku Digital, Gratis!

Aplikasi Peminjaman Buku Digital, Gratis!

Haris Discussion - Ipusnas yang berkepanjangan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, salah satu penyedia layanan peminjaman ebook online yang sangat memudahakan mahasiswa, terlebih saat sekarang, adanya covid 19 yang menyebabkan perpustakaan tutup, mulai dari perpustakaan kampus, perpustakaan kota, semuanya tutup. 

Dengan adanya sarana peminjaman seperti ini saya rasa sudah sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dalam mencari referensi. Walaupun Ipusnas bukan salah satu penyedia layanan buku digital, masih banyak diluar sana yang menyediakannya. 

Ipusnas sendiri memiliki koleksi digital ebook mencapai ribuan ebook, jadi gausah khawatir kekurangan referensi. Lengkap? tentu tidak karena kita harus sangat memaklumi kepada penerbit-penerbit yang bekerja sama dengan pemerintah. 

Koleksi ebook yang dikoleksi oleh Ipusnas sangat beragam, mulai dari novel hingga buku pelajaran sd, smp, sma dan tentunya perguruan tinggi. 

Baca Juga: Shortlink Google, Siapa Penggantinya?

Ipusnas dapat diakses disemua perangkat, desktop maupun mobile. Terkadang yang masih menjadi kekurangan Ipusnas adalah untuk satu anggota yang terdaftar di Ipusnas dapat meminjam hanya dua buku, bisa meminjamnya kembali esok hari. 

Itulah yang menyebabkan saat meminjam buku di ipusnas harus mengantri dengan yang lain, sebelum update versi terbaru di ipusnas dapat meminjam tiga buku, jika tidak salah ya. 

Seharusnya dibuka saja unlimited saat meminjam tidak harus ada yang mengantri, apalagi mahasiswa yang mencari referensi, mengantri malah akan mengubah konsentrasi sudah mendapatkan dari berbagai sumber, sumber tambahan dari Ipusnas tidak kunjung datang. Disabarin aja sih, kalo mau mah beli buku cetaknya, hahaha..

Ada sedikit trik untuk meminjam banyak ebook di Ipusnas, yaitu dengan cara banyak akun ipusnasnya, karena sampai saat ini Ipusnas tidak menerapkan kekukhusan email seperti hanya diperbolehkan mendaftar dengan email Yahoo dan Gmail saja tapi bebas, bisa email apa saja, email an*n juga bisa, yang penting bisa verifikasi saat pendaftarannya. Sedikit membahas bagaimana cara mendaftar dan cara menggunakan  Ipusnas di Pc dan di hp.

Cara mendaftar dan Menggunakan Di Pc dan sama saja dengan Android


  1. Unduh dulu software, di website resminya IPusnas.
  2. Install seperti biasa, lalu buka softwarenya.
  3. Klik menu kemudian klik login, kenapa nggak ada kolom pendaftarannya?
  4. Masukkan saja di halaman login tersebut email dan password yang akan didaftarkan, karena jika email yang disukkan tidak terdaftar akan muncul pemberitahuan bahwa email tersebut belum terdaftar dan lakukan pendaftaran seperti biasa.
  5. Setelah lakukan pendaftaran, lakukan verifikasi email
  6. Nahh sekarang cari ebook yang ingin di cari, contoh buku Modal Sosial dalam Manajemen Bencana
  7. Kemudian klik pinjam, untuk pertama kali pinjam, akan di infokan untuk memasukkan password sekali lagi.


Baca Juga: Tempat Streaming Music User Friendly Selain Youtube

Adapun untuk mencari buku-buku atau novel-novel terkenal itu diharuskan untuk mengantri karena saking banyaknya orang yang meminjam, bersabar dan terus memantau, hahaha.. 

Sebenarnya masih banyak diluar sana layanan ebook gratis tapi terkendala bahasa bagi sebagian orang, termasuk saya. 

Ebook bahasa inggris sangat banyak layanannya mulai dari peminjaman hingga dapat di unduh dan dikoleksi layaknya buku cetak, ada yang resmi ada yang tidak, tau sendiri di internat sangat rawan buku pembajakan. 

Jika menyukai novel tapi terkendala ekonomi udah saatnya membaca blog, sangat banya blog diluar sana yang tidak terekspos dan mempunyai kualitas penulisan nggak kalah sama penulis-penulis novel, hahaha.. atau bisa bermain di forum seperti kaskus, masuk ke sub forum Stories from the Heart, banyak judul yang sudah dibukukan. 

Sekian postingan mengenai pembahasan Aplikasi Ipusnas, aplikasi peminjam buku digital milik pemerintah.
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.