Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuka Dokumen Format DjVu di Android

Cara Membuka File DJVU di Android

Haris Discussion - Apa itu format DjVu? Djvu adalah format pembaca dokumen, berisikan gambar, teks sebagaimana format pembaca dokumen lainnya. Salah satu format yang paling ringan yang saya temukan sampai saat ini. 

Format djvu merupakan format untuk document sama seperti format pdf. Jika dibandingakan dengan pdf, djvu menang jauh pada kompresi filenya. 

Pdf memanglah responsif tapi sangat banyak memakan data ruang gadget. Djvu sendiri memang tidak sepopuler pdf tapi sepertinya mempunyai penikmat tersendiri, karena file ratusan mb untuk pdf bisa di kompres menjadi beberapa mb  saja dengan djvu. 

Baca Juga: Menampilkan Subtitle di Smartphone Menggunakan Mx Player

Bukan berarti aplikasi yang akan saya bagikan adalah aplikasi yang akan mengkompres file pdf ke djvu ya, tapi hanya membaca file dokument format djvu. Format djvu ini sendiri saya mulai mencarinya karena saat mencoba membuka file kitab kuning yang berformat djvu.

Unik sekali format ini, setelah saya bandingkan dengan format pdf, format djvu menang di kompresi dan kalah di banyak segi, tidak digunakan oleh orang banyak yang membuat format ini tidak dapat dibaca oleh berbagai aplikasi pembaca dokument. Itu yang menjadi kekurangan terbesar format djvu. 

Adapun kekurangan dan kelebihannya itu murni dari pengalaman saya sebagai pembaca file dokument format djvu. Format djvu tidak hanya untuk kitab kuning ya, tapi banyak juga novel di luar sana, novel yang udah tutup usia atau berumur tua, novel klasik istilahnya, haha.. 

Kebanyakan yang terdapat di google sepengamatan saya berupa buku-buku yang sudah tua yang menjadi format djvu, entah kenapa, mungkin itu hanya dari pengamatan saya, mungkin ada yang lebih jago ngulik-ngulik search engine google. Berikut aplikasi android yang dapat membaca file djvu: Document Viewer

Meluncur Document Viewer (Play Store)


Document Viewer merupakan aplikasi pembaca dokument dengan mendukung beragam format seperti yang sudah kita ketahui bersama, Pdf, DjVu, XPS, CBZ, Fb2. XPS. 

Biasanya untuk format komik, siapa yang suka baca komik? tapi untuk format ini saya rasa sudah tidak ada orang yang membaca melalui aplikasi pembaca dokument karena komik sudah sangat banyak bertebaran di internet tanpa harus menggunakan format CBZ, seperti komik Webtoon salah satunya, yang di usung oleh Line. Fb2 adalah fictionBook. 

Hal yang menarik dari aplikasi Document Viewer adalah bisa menyisipkan thumbnail, adapun bookmark dan fitur dasar lainnya saya rasa untuk aplikasi pembaca dokument emang sudah seharusnya ada.

Terkadang ada buku yang tidak muncul cover depannya, seperti ada yang kurang jika hanya blank putih, ada baiknya kita contohkan caranya.

Langkah - langkah


  1. Buka Aplikasi Document Viewer
  2. Menuju halaman yang ingin dijadikan thumbnal (Cover)
  3. Klik icon bulat sebelah kanan atas
  4. Pilih Set thumbnail, selesai.



Baca Juga: Ngabuburit Ditemani Game Ringan Dari Uc Browser

Sekian postingan mengenai pembahasan Cara membaca file DjVu, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, Mengapa Djvu tidak populer dibandingkan dengan pdf, jawabannya mungkin karenna pdf lebih banyak kompetitornya.

Entah benar tidaknya ya, karena melihat banyaknya layanan pembaca dokument yang mendukung format pdf menjadi sangat lumrah dipakai.

Ilustrasi: Atlas Kadrów
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.